Yayasan Pendidikan dan Pondok Pesantren

Al Amanah Al Bantani

smk-al-amanah
Home »  SMK Al Amanah »  SMK Al Amanah Mengikuti Kemah Rohis Nasional

SMK Al Amanah Mengikuti Kemah Rohis Nasional

22 Juni 2016 - Muhamad Mawahib
smk-al-amanah-mengikuti-kemah-rohis-nasional

Perkemahan biasanya diikuti oleh anggota Pramuka. Tapi kali ini ada perkemahan yang diikuti oleh anak-anak Kerohanian Islam (Rohis) SMA/SMK. Rohis sendiri adalah bagian dari OSIS di sekolah, beranggotakan siswa-siswa yang berminat untuk bergerak dalam pembinaan mental siswa.

Perkemahan Rohis Nasional (Kemrohisnas) diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI, tahun ini berlangsung tanggal 2-6 Mei 2016. Sebelumnya kegiatan serupa pernah diselenggarakan tahun 2014. Perkemahan berlangsung di Buperta Cibubur Jakarta Timur diikuti oleh sekitar 2.000 peserta dari seluruh Indonesia.

Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin berkenan membuka perkemahan ini (03/05/2016). Pembukaan dimeriahkan dengan tarian kolosal bernuansa patriotis dan multicultural serta barongsai. Pada kesempatan ini Menag berpesan agar peserta menjadi generasi yang dapat menampilkan Islam yang ramah. “Kalian adalah generasi emas Indonesia. Jadilah generasi Muslim yang dapat menampilkan Islam yang ramah. Apakah kalian bersedia?”, demikian penegasan Menag. Secara serempak peserta menjawab “Bersedia…”.  

Kontingen yang dikirim ke Cibubur merupakan utusan provinsi. Pada Kemrohisnas II ini provinsi Banten mengirim 24 kontingen yang masing-masing beranggotakan 8 siswa. Kota Tangerang Selatan diwakili enam kontingen dari SMK Al Amanah, SMAN 2, SMAN 6, SMA IT Al Quraniyah dan SMK Yadika 6.

Selama berkemah peserta ditempatkan dalam beberapa RT/RW dan digabung dengan peserta dari daerah lain. Siswa SMK Al Amanah ditempatkan di RW 11 dan 12, bergabung dengan beberapa peserta dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Maluku. Mereka ditempatkan pada tenda kemah yang berisi 5-6 siswa.

Kegiatan peserta cukup beragam seperti materi pengayaan dan pemantapan pengamalan Islam, budaya Nusantara dan kecakapan hidup. Penyampaian materi tidak membosankan karena dikemas dengan metodologi belajar yang menyenangkan, aktif, dan kreatif, ditunjang dengan suasana teduh di bawah kerindangan pepohonan.

Siswa SMK Al Amanah yang mengikuti Kemrohisnas adalah Nur Fitriana Dyah Alfaini (X PBS), Arizan Dini Oktavia (X PBS), Annisa Aprilia (X PBS), Jamilah (X Ak), Alfiah Khasanah (X Ak), Nuraeni (XI Ak), Putri Oktaviani (XI Ak), Rosmawati (XI Ak), dan Eneng Solifah (Pendamping).

Berbagai pengalaman berkesan mereka dapatkan, begitupun dengan teman-teman baru. Kini teman-teman mereka tidak lagi sebatas kota tetapi bertambah lagi dengan teman dari berbagai wilayah di Indonesia.